Suasana jalan di Bulgaria

10 Negara di Eropa Dengan Biaya Hidup Terjangkau

Kita mungkin berpikir bahwa negara-negara di Eropa adalah negara-negara mahal, biaya hidup sangat tinggi dan sewa tempat tinggal mahal adalah hal biasa. Namun, realitas tentang negara-negara Eropa sangat berbeda dengan yang kita bayangkan. Ada beberapa negara yang memang mahal, dan ada beberapa yang secara mengejutkan terjangkau.

Berikut adalah daftar negara-negara termurah untuk tinggal di Eropa, dan mengapa negara-negara ini adalah tempat terbaik untuk tinggal. Siapa tahu, kalian pengin mengembara dan menetap di sana? (Tentu saja, mahal dan murah adalah relatif. Silakan simak artikel ini dan siapa tahu, jadi membuka wawasan kita semua.)

10. Latvia

Latvia adalah negara hijau di pantai utara Eropa. Ini adalah salah satu tempat termurah untuk tinggal di Eropa maju. Latvia memiliki sektor-sektor top yang beragam, dengan banyak peluang kerja bagi ekspat terutama di industri internasional yang terkait dengan ekspor. Riga, ibu kota Latvia, adalah kota yang menawan. Biaya hidup di Eropa jarang sekali murah, tetapi Riga menawarkan banyak romansa kuno Eropa Barat dengan biaya lebih rendah, dan tanpa kegilaan beberapa negara Eropa Barat. Harga makanan bisa sangat murah. Bahkan beberapa restoran kota yang lebih baik menawarkan makan siang bisnis hanya dengan lima euro, yang dilengkapi dengan kopi, teh, atau kadang-kadang bahkan anggur. Sewa bulanan untuk apartemen 900 Sqft di area normal adalah $ 500.

Riga Ibukota Latvia di waktu malam
Riga Ibukota Latvia di waktu malam

9. Belarus

Belarus adalah negara Eropa timur yang berbatasan dengan Polandia, Ukraina dan Rusia, industri utamanya termasuk mesin pemotong logam, traktor dan truk. Dengan sekitar $ 450 dalam perkiraan biaya bulanan ditambah sekitar $ 440 dalam sewa bulanan untuk apartemen satu kamar di pusat Minsk, satu orang dapat hidup dengan nyaman di bawah $ 1.000 sebulan. Tapi sewa bulanan untuk akomodasi seluas 85m2 (900 Sqft) di area normal hanya $ 340. Makanannya bisa sangat murah. Biasanya, hidangan masakan nasional Belarusia murah bahkan di restoran ($ 7 untuk menu makan siang dasar di distrik bisnis). Hidup di Belarus berarti hidup dalam suasana yang santai dan menyenangkan.

8. Republik Ceko

Republik Ceko adalah tempat yang murah untuk tinggal di Eropa. Negara Eropa ini berbatasan dengan Jerman, Austria dan Polandia, dan memiliki populasi 10,6 juta. Namun, jika kamu bepergian jauh dari Praha, negara ini menawarkan tawaran real estat yang sangat baik dan biaya hidup yang cukup rendah. Ada banyak kota yang indah di Republik Ceko, dan kamu bisa mendapatkan tawaran real estate yang hebat di sisi negara, karena orang asing dan Ceko lebih suka pindah ke Praha. Standar hidup di Republik Ceko sebanding dengan Jerman, dengan setengah dari harga.

Dengan sekitar $ 800 per bulan kamu akan dapat menutupi semua biaya hidup basic di negara ini. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk pecinta bir, dan mereka yang mencari kehidupan malam, atau kegiatan di luar ruangan.

7. Slovakia

Slovakia tidak semurah Bulgaria, Rumania, atau Hongaria, tetapi ia menawarkan nilai yang lebih baik daripada sebagian besar Eropa lainnya, ditambah mendapatkan keuntungan dengan merasa seperti perintis. Di sini kamu dapat makan enak, minum dengan baik, dan menemukan banyak pemandangan untuk dikagumi di sebagian kecil dari biaya negara-negara di barat. Kamu bisa mendapatkan makan siang multi-kursus besar dan satu atau dua gelas anggur yang baik dengan harga kurang dari $ 10.

Slovakia dapat menawarkan kepada warga negara dan ekspatriat sistem pendidikan dan kesehatan gratis, serta infrastruktur yang efisien. Berkat meningkatnya standar hidup dan turunnya pengangguran, bekerja di Slovakia semakin populer dengan ekspatriat.

6. Polandia

Polandia memiliki salah satu daya beli lokal yang lebih tinggi dari negara-negara termurah. Setiap pendapatan yang diperoleh secara lokal akan lebih jauh, terutama dengan harga yang lebih rendah di negara itu untuk bahan makanan dan konsumen. Polandia perlahan-lahan menjadi hotspot bagi pelancong dan ekspatriat internasional. Kota-kota besar sangat modern dan memiliki semua fasilitas Barat yang kamu butuhkan, tetapi dengan setengah harga yang dihabiskan di Jerman. Mengajar adalah sebuah pilihan, tetapi ada juga serangkaian peluang pekerjaan layanan profesional yang dapat ditemukan dengan sangat baik. Sewa apartemen 1 tempat tidur mulai dari sekitar $ 350 dan makan di restoran murah hanya sekitar $

5. Hongaria

Sebagai salah satu negara paling berkembang dan paling berkembang di Eropa Tengah dan Timur, Hongaria merupakan tujuan utama ekspatriat dan turis di seluruh dunia. Hongaria jelas merupakan salah satu negara terbaik untuk tinggal di Eropa, bahkan jika tidak cukup murah untuk tinggal di sini. Anggaran bulanan per orang di Budapest mulai dari $ 700 per bulan untuk menutup semua biaya. Harga real estat meningkat di distrik pusat Budapest, dan anggaran $ 1000 cukup untuk tinggal di salah satu daerah ini. Jika kamu masuk ke kota-kota kecil, kamu bisa mendapatkan rumah besar untuk uang itu. Tapi daerah perkotaan utama tentu saja di mana pekerjaan lebih banyak bagi ekspatriat yang berharap untuk bekerja di Hongaria.

4. Bulgaria

Bulgaria, salah satu yang tertua di Eropa, terletak di tenggara Eropa. Ini adalah salah satu negara termurah di Eropa untuk ditinggali dan dengan cepat menjadi favorit di antara para pelancong. Orang-orang Bulgaria adalah beberapa yang paling ramah di Eropa. Dengan $ 1.000, kamu dapat memiliki standar hidup yang lebih baik daripada rata-rata orang yang tinggal di negara-negara seperti Swiss, Austria, Jerman. Uang ini akan cukup bagi kamu untuk menyewa apartemen 1 kamar tidur, membeli makanan berkualitas, pergi keluar bersama teman untuk minum atau makan sesuatu, membeli pakaian, dan pergi ke bioskop secara teratur.

Mengajar bahasa Inggris dan pekerjaan pariwisata adalah pekerjaan populer di sini. Jadi, kalau kamu fasih berbahasa Inggris, pede aja untuk merantau ke sana ya!

3. Romania

Rumania adalah negara lain di Eropa Timur yang menawarkan peluang besar bagi ekspatriat. Ini memiliki ekonomi yang beragam yang mencakup bisnis wiraswasta, perusahaan baru yang tumbuh cepat, dan peluang kerja berpenghasilan tinggi. Negara ini memiliki masakan yang lezat, biaya hidup yang cukup terjangkau, dan keindahan alam yang tiada banding. Anggaran untuk satu orang di Rumania mulai dari $ 600 untuk menutup semua pengeluarannya. Juga mudah untuk mendapatkan izin tinggal di Rumania, bahkan jika kamu bukan warga negara Uni Eropa.

Kota Kiev, Ukraina
Kota Kiev di Ukraina

2. Ukraina

Ukraina adalah negara Eropa Timur lainnya yang terletak di sebelah Rusia dan Laut Hitam. Sekitar 44,4 juta orang tinggal di Ukraina, yang industrinya meliputi batu bara, tenaga listrik, bahan kimia, dan lainnya. Lebih dari 45% ekspatriat mengatakan bahwa biaya hidup sangat terjangkau di Ukraina. Pendapatan lokal masih rendah, yang menjadikannya salah satu daya beli terendah di negara-negara termurah. Sewa bulanan untuk apartemen di area normal adalah $ 350.

1. Georgia

Georgia adalah permata tersembunyi yang beberapa orang mungkin belum pernah dengar. Dengan wilayah anggur yang terkenal dan pantai berpasir di sepanjang Laut Hitam, negara ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, budaya yang kaya, dan kehidupan yang sangat terjangkau. Dari $ 500 per bulan kamu sudah bisa tinggal di Georgia. Namun, apa pun di atas $ 1000 di Georgia akan memberi kamu gaya hidup yang hebat. Gaji bulanan bersih rata-rata di ibukota negara itu hanya $ 300. Terlepas dari keseluruhan biaya hidupnya yang sangat rendah, negara ini memiliki salah satu kebijakan izin tinggal paling santai di Eropa. Dengan investasi yang sangat rendah dan pembentukan perusahaan, kamu akan dapat menjadi penduduk penuh waktu di Georgia.