Destinasi Wisata di Jepang - Kuil di Kyoto

10 Tempat Tujuan Wisata Wajib Kunjung di Jepang

Masih mencari ide tujuan wisata mana yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Jepang? Dari gedung pencakar langit dan lampu neon yang berkilauan, hingga toko-toko teh tradisional dan geisha, Jepang adalah pertemuan menawan antara dunia modern dan tradisional dengan karakter berbeda yang membuatnya berbeda dari negara lain dari seluruh Asia.

Berikut sepuluh tempat tujuan wisata terbaik di Jepang untuk dikunjungi.

1. Tokyo

Dengan penduduk lebih dari 12 juta orang, Tokyo adalah salah satu kota terbesar di dunia. Diwarnai gedung-gedung pencakar langit, underpass, overpass, dan kerumunan pejalan kaki, Tokyo mungkin tidak tampak sebagai kota yang paling menarik di permukaan, tetapi kota ini memiliki pesona yang semarak yang khas. Detail-detail di jalanan adalah apa yang menjadikan Tokyo tempat yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Kota ini memiliki banyak tempat wisata utama untuk dikunjungi seperti Kuil Senso-ji di kawasan pusat kota tua Asakusa, atau pusat mode Shibuya, yang dianggap sebagai asal muasal semua tren baru.

2. Hakone

Taman nasional yang indah di daerah Hakone terletak sekitar 50 mil di barat Tokyo dan tepat di sebelah selatan Gunung Fuji, puncak paling suci di Jepang. Daerah ini terdiri dari beberapa desa kecil dan dusun yang semuanya dihubungkan oleh berbagai transportasi lokal, termasuk bus, kereta gantung dan kereta api gunung. Hakone memiliki banyak hal untuk dilihat dan dilakukan, mulai dari mencicipi telur yang direbus di perairan vulkanik hingga melakukan perjalanan dengan perahu melintasi Danau Ashi yang indah. Atau mungkin kamu hanya akan duduk dan bersantai sambil berendam di salah satu dari sekian banyak pemandian air panas terapeutik.

3. Kyoto

Merupakan rumah bagi 17 situs Warisan Dunia UNESCO, lebih dari 1.600 kuil Buddha dan 400 kuil Shinto, kota kuno ini menampilkan hati dan jiwa tradisional Jepang. Kyoto menawarkan serangkaian taman kelas dunia, festival megah dan masakan lezat, yang semuanya terasa sebagai simfoni ritme alam dan perubahan musim. Kyoto memiliki bagian seimbang antara neon dan beton, tetapi mata yang tajam akan segera tertambat pada kuil suci Kyoto, kedai teh yang dihormati sepanjang waktu dan geisha misterius yang tersembunyi di gang-gang yang sepi.

4. Nara

Hanya berjarak 40 menit dengan kereta api lokal dari Kyoto, Nara terkenal dengan kekayaan warisan budayanya dan Shinto. Nara sebelumnya merupakan ujung Jalan Sutra dan merupakan daerah yang pertama kali melihat ajaran Buddha melakukan transisi melintasi lautan dari Cina. Segudang tempat suci dan kuil-kuil semuanya diatur dengan latar belakang pegunungan rendah dan di tengah-tengah Taman Nara.

5. Kinosaki Onsen

Untuk tujuan mata air panas klasik Jepang, tak usah ragu mengunjungi Kinosaki Onsen. Kota ini menawarkan tujuh pemandian yang terletak di antara jalan-jalan cantik dari bangunan kayu tradisional dan jembatan sempit. Pengunjung ke Kinosaki Onsen bisa tinggal di penginapan Jepang di mana masakan mewah disajikan di meja rendah di kamar bertatami. Setelah itu para tamu mengenakan ‘yukata’ dan ‘geta’ yang disediakan, kimono ringan dan sandal kayu, dan mulai jalan-jalan sore yang menyenangkan di sekitar kota.

6. Hiroshima

Hiroshima adalah kota yang sebenarnya tak perlu lagi diperkenalkan. Tentu saja kota ini terkenal karena menjadi lokasi salah satu dari dua bom atom yang dijatuhkan di Jepang pada akhir Perang Dunia II. Meskipun memiliki masa lalu yang tragis, Hiroshima yang sekarang adalah kota yang ramai dan bersemangat. Taman dan Museum Perdamaian adalah pengingat pedih dari masa lalu Hiroshima; tempat-tempat lain termasuk Kastil Hiroshima, stadion bisbol, dan Museum Seni Prefektur Hiroshima. Shukkei ‐ en Garden juga layak dikunjungi dengan berjalan kaki sore hari dengan sejumlah rumah teh yang memiliki taman indah.

7. Osaka

Osaka adalah kota kedua di Jepang dan tempat yang sangat semarak dan ramai untuk menginap. Akuarium di kota ini berkelas dunia dan kamu tidak bisa tinggal di Osaka tanpa naik salah satu dari beberapa kincir bianglala raksasa kota ini. Kastil Osaka layak dikunjungi meskipun sedang dibangun kembali karena aslinya dibakar pada akhir Perang Dunia Kedua dan kamu bisa menemukan berbagai museum yang sangat menarik yang tersebar di seluruh kota. Setelah gelap, Osaka benar-benar menjadi hidup, dan berjalan melalui lampu-lampu terang dari distrik Nanba adalah cara yang bagus untuk menikmati suasana, dengan beberapa peluang menonton orang-orang hebat.

8. Kamakura

Hanya berjarak 50 km dari Tokyo, Kamakura adalah sebuah dunia yang jauh dari gemerlap dan aksi ibukota Jepang yang ramai. Kota yang damai ini beroperasi dengan ritme kehidupan yang jauh lebih santai dan dipenuhi dengan bangunan-bangunan cantik, kafe-kafe kuno, dan kuil-kuil yang berlimpah. Fitur utama kota ini adalah Buddha Besar Kamakura, patung perunggu yang mendominasi plaza di kota. Untuk pengayaan budaya yang lebih, wisatawan harus menuju ke salah satu dari banyak kuil yang tersebar di seluruh wilayah Kamakura. Jika cuacanya bagus, tempat populer lainnya bagi pengunjung dan penduduk lokal adalah Taman Itsuki, tempat yang indah untuk menikmati keindahan alam. Nikmati minuman atau makanan ringan di kafe dan rendam diri dalam ketenangan lingkungan Anda. Anda bahkan mungkin dapat melihat Buddha Agung di kejauhan jika hari yang cerah.

9. Himeji

Terletak di pantai Jepang, menghadap Laut Harima Nada, Himeji adalah rumah kastil paling indah di seluruh negeri. Berdiri di atas platform bata yang ditinggikan, kastil itu berkilauan bak putih mutiara dan dihiasi dengan banyak atap runcing, masing-masing dilapisi dengan dekorasi tradisional. Semakin menakjubkan ketika bunga sakura mekar, mengelilingi kastil dengan kabut merah muda. Ini adalah pemandangan yang indah sekaligus penting karena signifikansi historisnya. Berasal dari tahun 1333, kastil ini diturunkan dari tangan ke tangan selama masa feodal Jepang dan selamat dari banyak pertempuran, bencana alam, dan bahkan dari usulan pembongkaran hingga dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993. Setelah kamu masuk ke dalam kastil , berjalan-jalanlah di kota Himeji dan resapi bangunan-bangunannya yang hancur, peninggalan zaman dulu.

10. Miyajima

Diterjemahkan sebagai ‘Pulau Kuil’, Miyajima sejauh ini merupakan salah satu tujuan paling populer di Jepang – dan dengan alasan yang bagus. Kebanggaan dan kegembiraan pulau ini adalah kuil Itsukushima dan khususnya Gerbang Torii, yang dibangun di laut dan sering disebut sebagai ‘kuil terapung’. Gerbang ini dianggap sebagai batas antara yang hidup dan yang mati dan untuk menjaga kemurniannya, kelahiran dan kematian dilarang terjadi di dekatnya. Fitur unik lain dari wilayah ini adalah rusa yang dapat ditemukan di setiap sudut dan celah pulau. Hewan-hewan nakal ini akan mencuri makanan langsung dari tangan Anda jika kamu tidak hati-hati. Menurut agama Shinto, rusa itu suci karena diyakini bahwa mereka adalah utusan Tuhan. Pulau Miyajima juga memiliki akuarium yang patut dikunjungi.

Dari sepuluh tempat di atas, berapa banyak yang sudah kamu kunjungi? Atau, malah baru akan masuk dalam rencana? Selamat mengeksplorasi tujuan wisata di Jepang sepuas-puasnya!