13 Tips Menyusun Anggaran Perjalanan Dengan Bijak

 

Merencanakan perjalanan berarti termasuk merencanakan pembiayaan yang Anda butuhkan. Jangan sampai perjalanan Anda hancur karena Anda salah merencanakan dan kehabisan uang di tengah perjalanan. Atau, biaya perjalanan menjadi bengkak sehingga Anda malah jadi stress setelah liburan. Berikut 13 tips merencanakan anggaran perjalanan untuk Anda.

  1. Tentukan batas kemampuan Anda.

    Tentukan apa yang Anda mampu. Jangan ragu untuk menaksir berapa banyak uang yang Anda miliki untuk liburan. Tetap ingat pengeluaran rutin seperti biaya sewa, transportasi, dan makanan. Anda tidak ingin stress setelah liburan berakhir dan Anda tidak memiliki uang saat Anda kembali.

  2. Dapatkan saran dari teman dan keluarga.

    Tanyakan pada siapa saja yang Anda kenal yang telah mengunjungi tempat tujuan Anda. Situs web tentu saja sangat membantu, namun Anda tidak tahu apakah mereka dipengaruhi oleh sponsor lokal atau sejenisnya. Teman dan keluarga akan memberi Anda saran yang lebih pribadi dan dapat dipercaya. Ajukan pertanyaan seperti “Apa biaya makan di sana?” Atau “Apa beberapa hal murah yang harus dilakukan di sana?”

  3. Gunakan aplikasi perencanaan anggaran online.

    Ada banyak situs yang dirancang untuk membantu anggaran Anda secara khusus untuk perjalanan. Mereka akan membantu Anda menentukan biaya barang lokal dan biaya apa yang harus Anda pertimbangkan. Cobalah situs seperti BudgetYourTrip.com, SavingForTravel.com, dan IndepdentTraveler.com. Buat akun dan masukkan rincian anggaran dan biaya perjalanan Anda.

  4. Tentukan metode transportasi Anda.

    Perjalanan ke lokasi yang Anda pilih mungkin mahal. Tentukan biaya naik pesawat, kereta, bus pelatih, mobil sewaan, atau kapal pesiar ke lokasi yang Anda pilih. Perjalanan udara adalah pilihan tercepat tapi mungkin lebih mahal daripada kereta, bus, atau penyewaan mobil jika jaraknya tidak terlalu besar. Sebuah kapal pesiar memberi kemewahan terbesar dan sering kali mencakup sejumlah pemberhentian namun juga merupakan opsi yang paling mahal. Selalu teliti perbandingan harga sebelum melakukan pembelian.

  5. Pertimbangkan transportasi lokal.

    Begitu sampai di tempat tujuan, Anda perlu transportasi lebih lanjut untuk berkeliling lokal. Banyak orang naik taksi, mobil berbagi tumpangan, bis angkutan lokal, atau kereta bawah tanah untuk berkeliling lokal. Jika Anda memiliki uang tambahan, Anda dapat melakukan perjalanan dengan lebih mudah dengan menyewa mobil di lokasi Anda. Jika Anda menyewa mobil, Anda juga harus mempertimbangkan agen penyewaan yang dekat dengan bandara atau hotel Anda.

  6. Pertimbangkan biaya penginapan.

    Salah satu barang penting yang harus Anda bayar adalah biaya penginapan Anda. Penginapan sangat bervariasi dalam biaya dan kualitas jadi pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dan apa yang tersedia di tempat tujuan Anda. Jika tujuan Anda menampung banyak turis, kemungkinan akan ada beragam hotel, motel, resor, dan tempat tidur dan sarapan.

  7. Sertakan biaya makanan.

    Tentu saja, Anda harus makan selama perjalanan sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk makan. Perlu diingat bahwa Anda mungkin akan makan di luar dan bahwa biaya makanan bisa sangat bervariasi antara tempat yang berbeda. Gunakan mesin pencari pilihan Anda untuk menentukan biaya makanan lokal.
    Jika Anda perlu menghemat uang untuk makanan, pertimbangkan untuk mendapatkan kamar hotel dengan dapur kecil atau setidaknya microwave dan kemudian membeli beberapa makanan enak di toko bahan makanan lokal.

  8. Siapkan dana cadangan.

    Selalu buat budget perjalanan anda sehingga ada sedikit uang yang tersisa. Anda cenderung menemukan semacam biaya yang belum Anda pertimbangkan sebelumnya. Ini bisa sesederhana membutuhkan tabir surya untuk pantai atau obat-obatan untuk penyakit yang tak terduga.

  9. Pertimbangkan asuransi perjalanan.

    Asuransi perjalanan biasanya digunakan untuk mengasuransikan terhadap berbagai biaya tak terduga yang signifikan seperti perawatan medis yang tidak akan dicakup oleh perusahaan asuransi Anda karena Anda berada di luar jangkauan jaringan, kehilangan barang bawaan, menjadi korban pencurian, atau kecelakaan transportasi. Asuransi perjalanan sering dapat dibeli dari mesin penjual otomatis di bandara atau online.

  10. Tentukan biaya jalan-jalan.

    Mengamati pandangan adalah praktik umum bagi pelancong. Pikirkan tentang transportasi, biaya masuk dan biaya lainnya yang terkait secara khusus dengan perjalanan ini. Sebagian besar monumen, taman, dan museum tidak dipungut biaya namun beberapa mungkin memerlukan biaya sejumlah kecil uang. Telitilah pemandangan ini terlebih dahulu sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam anggaran Anda.

  11. Tentukan biaya hiburan Anda.

    Jika Anda berencana menghadiri taman hiburan, menikmati kehidupan malam setempat, atau mengikuti pertunjukan, faktorkan biaya ini ke dalam anggaran Anda. Anda mungkin ingin membuat jadwal kasar rencana hiburan harian Anda sehingga Anda dapat meneliti mereka sebelumnya. [13]

  12. Pertimbangkan hadiah dan cendera mata.

    Banyak wisatawan membeli hadiah untuk souvenir orang lain untuk mereka sendiri. Akan sulit untuk menentukan biaya di depan waktu sehingga membuat anggaran yang dapat Anda patuhi. Buatlah daftar orang-orang yang ingin Anda beli hadiah sebelumnya dan cobalah untuk menetapkan anggaran secara kasar.

  13. Konversikan mata uang Anda.

    Jika Anda meninggalkan negara tersebut, Anda mungkin perlu menukar uang Anda dengan mata uang lokal. Gunakan mesin pencari pilihan Anda untuk menemukan nama negara yang Anda kunjungi untuk menentukan jenis mata uang yang mereka gunakan. Namun, banyak negara asing yang menggunakan mata uang yang berbeda juga menerima USD, jadi Anda mungkin ingin mencari apakah hal ini berlaku di tempat tujuan Anda atau tidak. Gunakan situs xe.com untuk menentukan nilai tukar. Cukup masukkan jumlah uang dalam anggaran perjalanan Anda dan kemudian ganti kotak kedua dengan mata uang negara tujuan Anda.

Selamat merencanakan anggaran perjalanan Anda dengan seksama!