Destinasi Wisata di Cebu

Berlibur Ke Cebu? Mengapa Tidak?

Cebu, sebuah pulau cantik di Filipina, layak menjadi destinasi liburan kamu. Mau tahu destinasi apa saja yang wajib kamu kunjungi? Banyak! Lima destinasi kami suguhkan di tulisan ini. Lesgo!

Puncak Osmenja

Kamu dapat mencapai ketinggian Osmenja dengan cara yang oleh penduduk setempat disebut Habal Habal (oya, penduduk Cebu senang sekali mengulang kata). Menggunakan sepeda motor yang dapat memuat hingga empat orang dengan membayar biaya masuk yang sangat murah, kamu butuh tiga puluh menit mendaki untuk sampai ke puncak. Kamu bakalan serta merta terpesona oleh pemandangan yang menakjubkan. Seperti tidak berada di negara tropis lagi, namun berada di suatu tempat di Pegunungan Alpen.

Kawasan Falls

Nama air terjun ini memang Kawasan, lengkapnya Kawasan Falls. Airnya memiliki warna biru kehijauan yang menakjubkan dan kamu bisa melompat terjun untuk merasakan air dingin yang segar setelah hari yang berkepanjangan di bawah sinar matahari.

Moalboal

Moalboal terkenal karena biasa menjadi tempat menyelam yang luar biasa dan tempat bercengkeramanya kawanan sarden. Dan tentu saja, begitu kamu memasuki air jernih di Pantai Panaksama, kamu akan disambut melalui ratusan ikan sarden.

Satu hal yang mungkin membuat kamu bergidik: kamu bisa coba makan bulu babi di sana! Iya, bulu babi sebenarnya tidak terlalu berbahaya jika kamu mencampurkannya dengan cuka. Oya, nggak cuma ikan sarden, kamu bisa menyaksikan berbagai spesies ikan termasuk beberapa ikan badut yang ingin tahu berlatar belakang formasi karang yang indah. Jadi ingat, jika kamu ingin melihat terumbu karang, penyu, dan ribuan ikan, Moalboal adalah destinasi utama! Harga hostel di sana juga murah, pun transportasi juga sangat terjangkau.

Siquijor

Sebenarnya Siquijor bukan bagian dari Cebu. Namun karena pulau ini bisa ditempuh dengan perjalanan feri dalam waktu singkat dari ujung paling selatan Cebu, kami merasa perlu memasukkan pulau ini ke daftar. Siquijor, yang paling dikenal karena mitos dukun dan sihir, dulunya memang tempat yang ajaib. Bukan soal sesuatu yang paranormal namun tentang keindahan yang luar biasa. Kamu bisa menyewa sepeda motor dengan tarif rendah per malam untuk menjelajahi seluruh pulau. Butuh waktu sekitar tiga jam untuk melintasi seluruh pulau. Penghentian pertama adalah Panntai Salagdoong yang terkenal dengan pantai yang menakjubkan dan ada tempat lompatan di mana kamu bisa melambung dari tebing 10 meter yang mengejutkan serasa membawamu langsung ke surga.’

Tempat wisata menakjubkan di Cebu

Siquijor menawarkan beberapa pantai yang indah, snorkeling dan makanan di depan “pohon bersejarah berabad-abad”. Karena Siquijor masih agak terpecil dan tidak diketahui oleh sebagian besar wisatawan, orang dapat menemukan akomodasi berkualitas tinggi dengan harga murah.

Oslob

Oslob adalah desa nelayan kecil, yang menjadi tempat tujuan hiu paus raksasa. Berenang bersama raksasa yang lembut ini mungkin menakutkan pada awalnya, tetapi segera kamu akan mengetahui bahwa itu sebaliknya. Hiu paus terancam punah dan harus ditangani dengan sangat hati-hati. Jujur, ada kontroversi besar tentang berenang bersama hiu ini, karena alasan mereka diberi makan. Jadi terserah kata hatimu, apakah kamu ingin mengikuti program ini. Meskipun demikian, bisa dibilang perahu dan pemandu wisata sangat hati-hati dan pejabat pemerintah mengawasi agar peraturan dipatuhi. Secara keseluruhan, berenang bersama para raksasa itu merupakan pengalaman seumur hidup, yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan.