Jalanan di Kota Delhi India

Tips Jalan-Jalan di India

Saat bepergian di India, bisa banyak terjadi hal yang kurang menyenangkan yang bahkan di luar perkiraanmu. Karena itu, kamu benar-benar harus siap sebelum berlibur di India. Artikel ini akan membahas beberapa tips singkat tentang apa yang harus kamu ketahui dan persiapkan agar perjalanan ke India tetap berlangsung aman dan menyenangkan.

Begitu kamu tiba di India, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah sampai ke hotelmu dengan aman dan selamat. Jadi, pastikan kamu memesan penjemputan yang disediakan oleh hotel. Ini akan menghemat uangmu, dibandingkan jika kamu pergi ke luar bandara begitu saja dan bertemu pengemudi becak (rickshaw) yang akan segera melancarkan tipuan mereka. Macam-macam kebohongan yang bisa mereka lontarkan, seperti, “Pak, hotel Anda ditutup dan saya harus membawa Anda ke hotel lain “atau …” Hotel Anda berada di daerah yang mengerikan, saya tidak bisa membiarkan Anda tinggal di sana! ” Kamu harus berurusan dengan hal semacam ini begitu kamu tiba di India.

Jadi, ambil langkah aman. Pesan transportasi dari hotel (meskipun agak mahal). Saran lain adalah ikuti tur berpemandu selama beberapa hari pertama di India. Ini akan memudahkanmu mengerti kehidupan sehari-hari di India. Setelah itu, kamu bisa bepergian sendiri. Tenangkan diri dengan panduan profesional terlebih dahulu. Kamu harus tegas saat berada di India. Kamu akan didekati oleh para penipu (scammers) sepanjang hari, baik di Delhi dan di kota-kota lainnya. Para penipu ini akan memintamu untuk datang ke toko-toko yang menguntungkan mereka. Kamu harus bisa menyuruh mereka pergi begitu saja, secepatnya.

Kamu dapat mengenali bahwa mereka scammer dengan mudah karena hal pertama yang akan mereka tanyakan adalah “Dari mana Anda berasal?” Kemudian mereka akan menyodorkan banyak fakta tentang negaramu yang akan membuatmu kagum dan kemudian mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan pribadi. Pembicaraan selanjutnya akan langsung mengarah ke uang. Seperti lagu Nicky Astria jaman dulu itu loh, “Lagi-lagi uang!”

Mereka akan menawarkan, “Apa yang bisa saya bantu? Apakah Anda ingin membeli pashmina? Saya bisa membawa Anda ke toko yang bagus!” Begitu uang memasuki percakapan, kamu bisa merasa bahwa mereka bukan hanya penduduk lokal yang ramah melainkan mereka berpura-pura dan menginginkan lebih. Mereka hanya ingin uangmu, pada dasarnya. Jadi, kamu harus tegas dengan mereka. Kamu harus bisa memberi tahu mereka, “Tidak, pergilah, saya sibuk. Saya tidak ingin bantuan Anda.”

Jangan takut bersikap kasar tentang hal itu. Itulah cara bagaimana harus berurusan dengan mereka. Kamu harus seperti itu. Kamu harus memberi tahu mereka,” Tidak. Cukup.”

Tip berikutnya adalah apa yang banyak orang khawatirkan: pelecehan seksual di India. Itu memang satu masalah. Salah satu tip yang bisa kamu taati adalah: jangan terlalu ramah di India. Jika kamu perempuan dan ramah pada cowok India yang kamu temui, itu kadang-kadang bisa mendatangkan kesulitan. Jika kamu membalas menatap cowok, jika kamu balas tersenyum pada cowok, mereka akan berpikir kamu tertarik pada mereka.

Jadi jangan terlalu ramah. Kamu harus menjaga keseimbangan antara tegas dan ramah.

India street food seller
Street food di India

Tips berikutnya adalah tentang kebersihan. Perhatikan jika kamu makan di warung pinggir jalan. Kamu bisa mengalami seorang pria menyajikan makanan dengan buncis yang diambil dari dari ember kotor. Dan hal yang sama berlaku untuk es. Jangan minum es di restoran. Bahkan jika kamu bertanya kepada pelayan, “Apakah es ini bersih?” Mereka tentu saja akan menjawab “Ya” karena tidak ada restoran yang akan mengatakan mereka menyajikan es kotor. Air bersih adalah masalah besar di India.

Ketika bertukar uang di sini, terutama di jalanan, kamu harus memeriksa uang kertas 2000 rupee yang kamu terima. Kamu bisa menerawangkan uang ke cahaya dan memeriksa apakah wajah Gandhi terlihat di jendela putih dan ada garis hitam solid di sebelahnya. Itu cara praktis memeriksa uang palsu.

Ketika berada di India, kamu harus belajar menawar dan salah satu aturan emas di sini adalah: sebelum kamu membeli apa pun, selalu negosiasikan harga di muka. Jangan menunggu sampai setelah naik taksi atau apa pun untuk menawar harga, karena pada saat itu harga sudah tidak bisa ditawar dan mereka akan memberlakukan harga yang sangat tinggi, dan sudah terlambat untuk menawar pada saat itu. Jadi selalu periksa harga di muka dan tawar-menawar di muka.

Street Sellers in India
Pedagang Kaki Lima di India

Jika kamu sakit di India, dan itu biasa terjadi, kamu harus langsung pergi ke rumah sakit. Jangan berkeliaran jika kamu mengalami infeksi perut. Karena infeksi perut ini tidak hilang dengan sendirinya! Jadi segera pergi ke rumah sakit jika mengalami infeksi perut dan berhati-hatilah agar mereka tidak memberimu terlalu banyak pil. Tanyakan pil apa yang mereka resepkan. Jangan mengambil yang kamu pikir tidak kamu butuhkan, seperti obat penghilang rasa sakit. Jadi, periksa saja semua yang diresepkan dokter untukmu.

Dan akhirnya, akan tiba pada saat ketika semua petani di daerah ini, di India Utara, mereka membakar tanaman mereka dan terjadilah polusi yang menyebar sampai ke Delhi dan negara-negara sekitarnya. Itu bisa jadi sangat tak tertahankan. Kamu harus mengenakan masker yang bagus jika kamu datang di musim dingin.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu tahu jika kamu bersiap pergi ke India. Jangan jadi takut, tapi tak ada salahnya bersiap-siap. Termasuk, baca artikel Kamus Traveler tentang pesona tujuan wisata di India. Yuk, capcus!